Kamis, 30 Juli 2015

Keindahan di Puncak Candi Ijo Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu salah satu provinsi yang mnejadi maksud favorite beberapa wisatawan dari dalam maupun luar negeri lantaran mempunyai banyak obyek wisata dari keindahan pegunungan, obyek wisata tengah kota, kuliner s/d pantainya yang indah. Yogyakarta atau kerap dimaksud Jogja juga mempunyai demikian banyak candi yang berdiri dari peninggalan masa dulu, sampai kini cuma Candi Prambanan, Candi ratu Boko atupun Candi Borobudur yang di ketahui beberapa wisatawan. Nyatanya di Jogja ada banyak terselip candi-candi yang indah berdiri di Kota Pelajar ini. Satu diantaranya yaitu Candi Ijo yang konon adalah candi yang letaknya paling tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Object Wisata

Diberi nama Candi Ijo lantaran bangunan komplek candi ini ada di bukit atau Gumuk Ijo yang ada di samping candi ijo wisata jogjaTenggara seputar 4 km. atau 18 km. disamping Timur Kota Yogyakarta. Ada di ketinggian 410 di atas permukaan air laut bikin candi ini jadi bangunan candi dengan letak yang paling tinggi di Yogyakarta. Serta lantaran letak ketinggianya ini jadikan tidak cuma kecantikan candi saja yang dikagumi tetapi juga panorama seputar candi.

Candi ijo berdiri di komplek seluas seputar 0, 8 hektar serta disangka sebanrnya masih tetap lebih luas. Menurut info, candi ini terbagi dalam 17 susunan bangunan yang terdiri jadi 11 teras berundak. Namun untuk sekarang ini cuma ada 4 bangunan candi yang utuh, dari pintu masuk kita bakal disajikan hamparan reruntuhan batuan candi dibawah samping kiri yang telah dikelompokan. Disamping kanan berdiri suatu pagar batu yang berdiri tinggi seputar 5 mtr. yang menurut info batuan ini ada di teras 11 yang berdiri juga 8 buah lingga patok.

candi ijo wisata jogjaDiatas paling tinggi ada 4 buah bangunan candi yang berdiri dengan cara utuh. 1 candi paling utama yang terbesar memiliki ukuran seputar 15 m x 15 mtr. ini mempunyai pondasi setinggi seputar 1 mtr.. Mempunyai satu buah pintu masuk yang berupa ukiran sepasang makara yakni makhluk mitos bebrbentuk ikan serta berbelalai seperti gajah. Dikanan serta kiri pintu masuk ada 2 buah jendela relung gawang yakni jendela palsu yg tidak tembus kedalam. Di dalam Candi ada suatu ruang yang besar serta berdiri suatu arca lingga di tengahnya.

Berdiri juga 3 buah candi dengan ukuran yang lebih kecil di hadapan candi induk yang dimaksud dengan candi perwara. Candi ini cuma memiliki ukuran seputar 4m x 4m yang terdapat berjajar. Pintu masuk ketiga candi perwara ini menghadap ke candi induk. Ketiga candi perwara ini menghadap ke arah candi paling utama, yakni menghadap ke timur. Ketiga candi kecil ini mempunyai ruang di dalamnya serta ada jendela kerawangan berupa iris ketupat di dindingnya. Atap candi perwara ini terdiri atas tiga tingkatan yang dimahkotai barisan ratna. Candi perwara yang ada di dalam membuat perlindungan arca lembu Andini, kendaraan Dewa Syiwa. Disangka bangunan 3 candi perwara ini untuk memuja Trimurti yakni Brahma, Wisnu serta Syiwa.

Dari letak ketinggian di candi paling utama ini, disamping barat ada panorama luas Kota Yogyakarta dari atas. candi ijo wisata jogjaTepat lurus melihat ke barat, kita bakal disuguhi garis lurus Bandara Adi Sucipto serta pesawat yang landing dari terlalu jauh. Samping arah barat daya ada pegunungan batuan karts yang berdiri menjulang kehijauan yang tertutup rimbunya pohon-pohon. Candi ini bakal ramai jika mendekati sore atau mendekati matahari tenggelam lantaran sunset di sini tampak indah jika cuaca cerah.

Lokasi

Candi Ijo terdapat di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses

Sebaiknya memakai kendaraan pribadi, lantaran belum ada kendaraan umum yang melintas hingga ke obyek wisata ini. Dari Kota Yogyakarta menuju ke arah Candi Prambanan, sesudah samapai di Candi Prambanan dilanjutkan dengan perjalanan arah ke Piyungan. Seputar 15 km dari Candi Prambanan ke arah Piyungan serta telah melalui Komplek Candi Ratu Boko anda bakal temukan papan penujuk jalan arah ke Candi Ijo. Belok kekiri menyusuri jalan paling utama itu serta jalan bakal berkondisi menanjak.

Sarana serta Akomodasi

Sarana di Candi Ijo ini telah terbilang komplit serta untuk hingga sekarang ini ticket masuk candi masih tetap gratis serta cuma memasukan data pengunjung di pos penjagaan. Untuk permasalahan penginapan, di sekitar candi belum ada penginapan. Penginapan bisa diketemukan di seputar Candi Prambanan atau Kota Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar